Urgensi Data Dalam Menyusun Program Kerja - DPD PKS Kab. Sinjai

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 12 Januari 2016

Urgensi Data Dalam Menyusun Program Kerja

*Oleh : Abu Aqilah (Kabid Kepemudaan DPD PKS Kab. Sinjai)

Sebagai sebuah organisasi partai politik, menyusun program kerja berkelanjutan tentulah menjadi sebuah kebutuhan. Dengan membuat dan menjalankan berbagai program kerja, maka target-target yang telah dicanangkan akan bisa dicapai dan dievaluasi. Program kerja menjadi penting artinya untuk menjaga “irama gerakan”. Karena itu, program kerja harus dibuat sistematis, terencana, terarah dan terpadu. 

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam menyusun program kerja, adalah tentang “planning-perencanaan”. Planning sendiri disusun berdasarkan data-data dan infomasi terkini/terbaru, serta dari hasil evaluasi program sebelumnya. Sehingga dalam penyusunannya nanti, memiliki orientasi visi yang jauh ke depan. Berkaitan dengan data, hal ini terkadang bagi sebagian organisasi cenderung diabaikan. Padahal data merupakan komponen penting dalam merumuskan sesuatu. 

Secara umum, data bisa diartikan sebagai catatan atas kumpulan fakta. Dalam penggunaan sehari-hari, bisa diartikan sebagai pernyataan yang diterima apa adanya. Pernyataan itu sendiri bermakna hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang memiliki bentuk berupa angka, ata-kata atau citra. 

Maka sangat wajar jika kita menyusun program kerja, data menjadi sesuatu yang urgen-penting. Dengan data yang lengkap, sebuah organisasi bisa membuat perencanaan menjadi lebih rasional dan terukur. Dengan basis data ilmiah yang kuat, program kerja bisa dirancang dan dikelola dengan pijakan yang jelas, tidak mengawang-awang (menghayal) apalagi sekedar mengandalkan “perasaan”. 

Jadi, mari menyusun program kerja dengan basis data yang kuat dan akurat. (hikari-finn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Laman